Senin, 29 Oktober 2012

PLASMA ARC CUTTING WITH LASER CUTTING QUALITY TIPS AND TRICK

plasma arc cutting, quality, experienced on hand, tip and trick, laser cutting, software cnc code, hypertherm powermax 1650, koike aronson, pnc-10 elite, Fig Def 8, kap 80, tutorial, manual book

Berkat diskusi singkat dengan rekanan dari workshop laser cutting yang membuat statement bahwa potongan plasma cutting tidak akan bisa menghasilkan potongan dengan bidang potong yang lurus dan sudut yang sempurna , saya menjadi termotivasi untuk mencari cara bagaimana untuk menghasilkan potongan dengan cut edge yang tanpa kemiringan pada sisi potongnya (bevel angle)

Memang plasma cutting memiliki kekurangan dibandingkan dengan laser cutting, namun kelemahan tersebut dapat diatasi, diminimalkan bahkan di hilangkan dengan beberapa metode.

  • Fine tuning plasma arc cutting parameter

Mengacu pada troubleshooting manual dari hypertherm saya membuat metode melakukan fine tuning dengan membuat table plasma cutting trouble shooting. Dimana dalam table tersebut harus ada semua parameter potong plasma.

Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan sample benda potong yang menggunakan parameter yang ada pada manual book mesin hypertherm powermax 1650.
Dari sample yang dihasilkan saya menentukan satu parameter yang akan dirubah, perubahan harus di control dengan resolusi yang konstan (contoh: menggunakan resolusi 50 mm / menit untuk merubah kecepatan potong)

Setelah menemukan speed yang optimal saya melanjutkan ke setting ampere (menggunakan resolusi 5 amp untuk menaikan dan menurunkan setting ampere).

  • Loop cutting

Setelah fine tuning parameter plasma arc cutting saya temukan saya tinggal membuat cnc code dengan menggunakan software FIGDEF 8 & KAP 80 profesional edition. Dalam program tersebut saya memodifikasi sudut sudut potong dengan menambahkan loop.

Dengan melakukan semua langkah di atas saya dapat menghasilkan benda potong dengan sisi potong yang lurus dan sudut yang sempurna :


PLASMA CUTTING STRAIGHT CUT EDGE NO BEVEL ANGLE - PERFECT CORNER 

NESTING PLATE WITH LOOP METHOD TO MAKE PERFECT CORNER CUTTING

EMPTY NESTING PLATE WITH LOOP CORNER

LOOP CORNER

Percobaan di atas dilakukan menggunakan :

  1. PNC-10 elites, KOIKE ARONSON (CNC PORTABLE)
  2. Powermax 1650, Hypertherm
  3. 100 amp mechanized shielded torch
  4. FIGURE DEFINITION 8, KOIKE
  5. KAP 80, KOIKE
REFERENSI :
POWERMAX 1650 OPERATOR MANUAL - 804480r3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN MENINGGALKAN PESAN
PLEASE LEAVE A MESSAGE
请您留言
Hinterlassen Sie eine Nachricht