Rabu, 03 Oktober 2012

PENGALAMAN APLIKASI PNC-10 DAN HYPERTHERM 1650 (DESAIN MEJA POTONG PLASMA)

CUTTING TABLE DESIGN, DESAIN MEJA UNTUK POTONG PLASMA, PNC-10 Elite CNC cutting machine is a compact economical solution for oxy-fuel and plasma cutting,KOIKE ARONSON, RANSOME. PNC-10 Elite, CNC Controller,Hand Torch Series,Cutting Torches,Heavy Duty Cutting Torches,Tips,NozzleS,Cutting Tips,Gouging Nozzles,Heavy,Plasma Cutting Ready. Cut non-ferrous material and thinner material by adding on a plasma system. Portable CNC Cutting Machine. The PNC-10 Elite CNC
Pengalaman memimpin aplikasi mesin CNC portable PNC-10 elite KOIKE yang digabungkan dengan mesin plasma cuttingHyperterm 1650 di line produksi menyisakan pengalaman yang ingin saya bagikan.

Pertama sebelum masuk ke topik yang berat bagi yang belum tahu seperti apa PNC-10 dan seperti apa potong plasma anda dapat melihat brosur dan gambar di bawah (klik untuk memperbesar)




Hal pertama yang saya untuk menyiapkan aplikasi mesin PNC-10 & Hypertherm 1650 dalam line produksi workshop kami adalah dengan menyiapkan meja potong plasma yang bisa juga digunakan untuk potong OXY ACETYLENE.

Setelah mencari referensi dari internet dan supplier saya mendapatkan beberapa alternatif desain meja potong plasma yang dapat anda lihat di bawah  (klik untuk memperbesar) :

GAK PAKE MEJA CUMAN DIGANJAL PAKAI PIPA KOTAK HEMAT
CUTTING TABLE YANG PLAT PENYANGGA BAWAHNYA FIX -WELDED KE BODY MEJA



CUTTING TABLE YANG PLAT PENYANGGA BAWAHNYA FIX -WELDED KE BODY MEJA


Jenis meja di atas memiliki kekurangan pada safety, maintetnance dan kekuatan.

Aspek safety : 
  1. Mesin yang diletakan sembarangan di atas meja bisa terjatuh karena tidak ada pengikat.
  2. Tidak ada jarak atau pelindung antara mesin PNC-10 dengan benda kerja sehingga percikan dan semburan bunga api dapat dengan mudah merusak rel dan mesin CNC dan menciderai operator
Aspek maintenance:
  1. Plat pada meja yang bersifat fix setiap jangka waktu tertentu harus ganti karena ikut terpotong dalam proses cutting, penggantian ini cukup ribet karena harus membongkar las pada body frame meja.
  2. Waktu maintenance yang lama (1-3 hari) tergantung ukuran meja
  3. Pada saat maintenance mesin tidak bisa bekerja
Aspek kekuatan:
  1. Frame meja pada gambar menggunakan plat dan siku yang jika dibebani oleh plat tebal bisa terjadi defleksi dan kerusakan karena overload.
  2. Kekuatan meja pada saat maintenance juga ikut terkurangi karena proses penggerindaan kampuh las, dan Pengelasan ulang plat plat yang baru akan mempercepat penurunan kekuatan frame body meja plasma 

DESAIN MEJA PLASMA CUTTING UNTUK PLATE UKURAN STANDAR
Untuk mendapatkan meja yang lebih baik saya mendesain meja potong plasma yang menghilangkan kelemahan tersebut dan berikut adalah gambar DESAIN MEJA PLASMA CUTTING UNTUK PLATE UKURAN STANDAR yang memakai sistem Consumable Cutting Plate yang dapat dengan cepat dan mudah diganti tanpa harus menghentikan proses produksi. 








NOTES :
*Meja di atas belum dilengkapi dengan support arm untuk mounting Rail PNC-10
*Gambar detail, gambar shop drawing, Bill of material, dan  dimensi tidak ditampilkan
* Gambar ini adalah koleksi pribadi (bukan dokumen perusahaan) yang saya buat di rumah pada saat luang dengan pengembangan dan modifikasi.


Bila ada Saran, Diskusi atau Pertanyaan silahkan hubungi saya via email di : priyanto_honggono@yahoo.com

Saat ini saya sedang mengembangkan meja untuk potong plasma di dalam air mohon saran dari rekan rekan engineer yang sudah pernah melakukan potong plasma di dalam air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN MENINGGALKAN PESAN
PLEASE LEAVE A MESSAGE
请您留言
Hinterlassen Sie eine Nachricht